Sabtu, 09 April 2016

Busable wisata di Yogya

Kereta api mengadakan promo buat  tanggal 4 - 30 April 2016  dimana harga yang tertera berlaku untuk pulang pergi.  Yipppi... saatnya traveling lagi.
Nah bagi kalian yang ingin travelling ke Yogyakarta, tapi ga bisa setir motor ataupun mobil atau ingin travelling hemat jangan khawatir, kalian masih bisa mengunjungi beberapa tempat wisata Yogyakarta dan sekitarnya dengan menggunakan bus Trans Jogja.
Ada beberapa tempat wisata di Yogyakarta dan Solo yang bisa dilalui oleh bus, antara lain :

Kebun binatang Gembiraloka
Naik bus Trans Jogya jalur 2A turun di Halte Kusumanegara yang terletak persis di depan gerbang kebun binatang Gembiraloka
 
Candi Prambanan

How to get there ?
Dari halte Malioboro 1 naik bus TransJogya rute 1A . Sekitar 1 jam bus akan berhenti di halte / terminal Prambanan. Dari situ tinggal jalan kaki sedikit atau naik delman/  beca  Rp. 10.000 menuju loket pembelian karcis. Kalau beli tiket terusan ke candi  Ratu Boko maka akan ada shuttle bus gratis  dari pengelola taman wisata  candi menuju candi  Ratu Boko. Bus  ini akan berangkat tiap 10 menit sekali dan pemberangkatan terakhir pukul 15.000 WIB .  Harga tiket terusan Rp. 45.000,-
Baliknya kembali menggunakan bus TransJogya no 1A ke Malioboro.
Kalau pakai bus TransJogya tidak bisa melihat sunset candi  Ratu Boko, harus pakai kendaraan pribadi. Candi Ratu Boko tutup jam 18.00 WIB.
Alternative lain buat kalian  yang berada di luar area Malioboro :
  • Dari Bandara Adisucipto naik bis TransJogja 1A arah Prambanan turun di Candi Prambanan.
  • Dari luar Stasiun Tugu naik bis TransJogja 1A turun di Candi Prambanan
  • Dari Stasiun Lempuyangan naik KA Sriwedari jurusan Solo turun di Stasiun Maguwo (Bandara). Dari sana naik bis  TransJogja 1A arah Prambanan turun di Candi Prambanan.
  •  Dari Terminal Giwangan naik bus Yogya-Solo turun depan Candi Prambanan.
  •  Dari Terminal Jombor naik TransJogja 2B ke Terminal Candung Catur.
     Dari Terminal Candung Catur naik bus TransJogja 3B ke Bandara Adisucipto.
     Dari Bandara naik TransJogja 1A ke Candi Prambanan.

Museum Afandi
Naik bus TransJogya rute 1A dari halte Malioboro turun di Halte Mandala Bakti Wanitatama

Candi Borobudur
Cari bus kearah terminal Jombor. Dari terminal Jombor ada bus kecil seperti metromini cari yang jurusan Jombor Borobudur
Dari terminal Jombor ke candi Borobudur 90 menit Rp. 20.000. Tiba di terminal Borobudur naik becak Rp.10.000
Tiket Rp. 30.000

Jalan jalan ke Solo
Di Solo ada Keraton Solo, Borong Batik di kampung Kauman, Pasar Klewer 
Semua tempat itu saling berdekatan dan bisa di tempuh dengan becak atau jalan kaki.

Dari stasiun Tugu naik kereta api Prameks ( Prambanan Ekspres ) untuk kelas ekonomi atau kereta api Sriwedari. turun di stasiun Purwosari. Keluar dari stasiun Purwosari belok ke kiri menuju halte bus Batik Solo Trans Koridor 1 menyusuri Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Jenderal Sudirman. Moda transportasi lain, yakni becak, andong, taxi, dan ojek juga bisa menjadi alternatif lain menuju Pasar Klewer. Di Pasar Klewer banyak becak yang akan menawarkan jasanya mengantar para pelancong  baik ke kampung batik Kauman atau ke Keraton Solo.Di Solo juga ada penganan yang sangat terkenal yaitu kue serabi Notosuman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar