Rabu, 24 Februari 2016

Tempat wisata di Pacitan, Jawa Timur

Pantai Klayar

  Tahukah anda bahwa Pacitan sebagai kota kecil di Jawa Timur memiliki begitu banyak pesona alam berupa pantai dan goa tercantik se asia tenggara?

Salah satu pantai tercantiknya yaitu Pantai Klayar  yang terletak di desa Kalak, kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah sekitar 35 km arah barat kota Pacitan.

Pantai  ini berpasir putih memiliki batu batu karang yang tersebar disekitarnya serta tebing batu yang menyerupai Sphinx

 








 Pantai ini memiliki fenomena yang unik yaitu adanya sebuah celah di batu karang dimana saat ombak yang besar datang sebagian airnya masuk ke bawah batu karang dan menyembur ke atas seperti air mancur raksasa. Air mancur ini juga disertai dengan suara siulan sehingga disebut sebagai Seruling Samudera.

Seru seru seram ( hehehe... )  bermain air mancur di seruling samudera ini. Mendengar suara gemuruh ombak yang menderu di bawah karang batu dan air yang menyembur dengan sangat kencang mampu menerbangkan topimu setinggi 10 m .....! 

Harap berhati hati bermain di sekitar Seruling Samudera ini karena bila air laut menderu begitu kencang bukan saja ia bisa menerbangkan topimu tetapi sanggup menerbangkan dirimu juga karena semburannya yang begitu kencang

Lubang seruling samudera

Seruling Samudera






                                                 

Akses menuju Pantai Klayar

 

Perjalanan menuju Pantai Klayar menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mereka yang suka travelling dikarenakan belum adanya pengelolaan yang memadai dari pemda setempat.

Lokasi ini bisa dicapai dari kota Pacitan dengan mengendarai mobil atau motor kurang lebih satu jam. Jalan yang berliku dan dan rusak dibeberapa bagian membuat kita harus extra hati hati mengendarai kendaraan. Namun demikian keindahan yang kita temui layak untuk diperjuangkan.

Kalau dari Yogyakarta kita bisa naik travel seharga Rp. 75.000 ( tahun 2015 ) dan turun persis di depan hotel. 

Perjalanan ke Pacitan ini adalah lanjutan dari perjalanan saya dari Bromo, Jawa Timur. Di pacitan saya menginap di Alloro guesthouse, Jl. KH. Umar No. 12, Pacitan. Hotelnya bersih dan nyaman. Dari hotel kita bisa minta bantuan receptionisnya  untuk sewa mobil atau motor untuk menuju pantai Klayar. Kita juga bisa meminta bantuan untuk mencarikan penginapan atau sewa kendaraan di pusat informasi wisata Pacitan yang letaknya di seberang jalan menuju pantai Teleng Ria bersebelahan dengan kantor polsek Pacitan

Untuk arah jalan ke pantai Klayar pakai saja navigasi dari google maps.

 


Goa Gong

Goa Gong terletak di desa Bromo, Kecamatan Punung, Donorejo 30 km arah barat daya kota Pacitan. Kalau dari arah kota Pacitan menuju pantai Klayar maka kita akan melewati Goa ini dahulu.

Dinamakan Goa Gong karena didalam goa ini ada sebuah batu karang yang kalau dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong yang sedang ditabuh.

Di pintu gerbang akan ada pemandu yang menawarkan jasa guide dan penyewaan senter. Harganya tergantung negosiasi. Kalau untuk penunjuk jalan tanpa guidepun kita bisa karena di dalam sudah ada rutenya berupa tangga dan petunjuk jalan. Cuma memang senter diperlukan karena ada beberapa jalan yang agak gelap dan licin.
Tiket masuk ke dalam Goa Rp. 6.000,-.
Keadaan di dalam goa tidak terlalu gelap melainkan agak temaram dikarenakan adanya lampu berwarna warni yang menghiasi dan menerangi jalan jalan setapak yang harus kita lalui . Goa ini termasuk goa terindah di Asia tenggara.

Cara menuju ke Goa Gong:

Dari kota Pacitan - punung -  Goa Gong






Pintu masuk Goa Gong















Pantai Taman


Di Kecamatan Ngadirojo juga terdapat sebuah pantai berpasir coklat yaitu pantai Taman, sebuah pantai yang memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai, sebab pantai ini telah dikelola oleh pemerintah daerah. Mulai dari ketersediaan toilet umum, warung makan, area outbound, hingga penangkaran penyu.

Pantai ini memiliki ombak yang juga cukup besar dan atraksi flying fox terpanjang di Indonesia.


 

Pantai Pasir Hitam Ngiriboyo

 

Kebanyakan pantai itu pasirnya berwarna putih tapi pantai Ngiroboyo justru berbeda. Salah satu daya tariknya adalah pasirnya yang berwarna  hitam. Ketika terpapar sinar matahari, pasir hitam tersebut nampak berkilauan, apalagi setelah tersapu ombak laut selatan. Tidak berlebihan jika pantai ini diibaratkan bagai mutiara hitam, tidak begitu mencolok, tetapi menyimpan pesona menakjubkan.

Pantai Ngiroboyo sendiri lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Klayar. 

Dari pertigaan masuk Pantai Klayar, ambil jalan yang lurus dan sekitar setengah kilometer akan ketemu pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Ngiroboyo. Ikuti terus jalan yang masih berupa jalan makadam, ikuti juga penunjuk arahnya maka akan sampai Pantai Ngiroboyo. Akses menuju pantai ini juga bisa melalui Sungai Maron dengan perahu dari Dusun Maron Desa Dersono.

 Di Pantai Ngiroboyo aktivitas yang bisa lakukan antara lain memancing atau  bermain ombak di tepi pantai, tetapi tidak disarankan untuk berenang di pantai karena ombaknya besar. Kita bisa juga mencoba water tubing di muara sungai. Sudah ada penyewaan ban di area pantai bagi yang ingin bermain di sungai. Bagi yang tidak ingin berbasah-basah, bisa bersantai menikmati suasana pantai di gazebo sederhana yang banyak dibangun di tepi pantai.

 Walau masih baru tahap awal pengembangan, tetapi sarana penting sudah seperti sarana MCK dan air tawar bersih sudah tersedia di area pantai. Warung-warung makan pun sudah banyak berdiri, sehingga bagi pengunjung tidak perlu khawatir walau tidak membawa bekal makan-minum. Harga makanan-minuman di pantai ini masih tergolong murah meriah dan terjangkau.

Pantai Ngiroboyo mempunyai tepi berupa dataran yang luas sehingga sangat cocok untuk aktivitas camping, outbound training maupun aktivitas outdoor  lainnya. Pada hari-hari biasa masih lumayan sepi, dan agak ramai di hari-hari libur. Akses termudah ke pantai ini masih tetap menggunakan jalur Punung - Gua Gong - Pantai Klayar. Nah di pertigaan masuk Pantai Klayar, ambil jalan yang lurus dan ikuti petunjuk seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Pantai Ngiroboyo adalah mutiara hitam di Pacitan.

 







Pantai Srau

 

Salah satu pantai di Pacitan yang mirip dengan Pantai Klayar adalah Pantai Srau. Pantai Srau berlokasi di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 ke arah barat kota Pacitan. Akses jalan menuju pantai ini cukup berkelok-kelok dengan jalan yang relatif kecil.

Ciri khas Pantai Srau adalah pasirnya yang sangat putih dan batu-batu karang yang menjorok ke arah laut.




Pantai Watu Karung

 

Pantai Watukarung berlokasi di Desa Watu Karung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan. Jarak pantai ini dengan kota Pacitan sekitar 25 sampai 30 km yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Bagi Anda yang ingin menuju pantai ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena kondisi jalan menuju

Watukarung adalah pantai yang memiliki pasir putih, hampir mirip dengan Pantai Srau. Selain panorama yang indah, pantai ini juga memiliki ombak yang besar sehingga sering digunakan untuk arena surfing.

Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batuan karang, pada waktu-waktu tertentu Pantai Watukarung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat para surfer serasa di surga.

 

 

Pantai Teleng Ria  

 

Pantai Teleng Ria adalah pantai yang memiliki lokasi paling dekat dengan kota Pacitan. hanya berjarak kurang lebih sekitar 3,5 km dari pusat kota .

Pantai ini bentuknya menjorok ke laut sehingga bisa juga disebut sebagai teluk. Pantai Teleng Ria masuk dalam jajaran pantai selatan dengan pasir putih yang membentang luas sepanjang 3 km.

Di sini Anda bisa menikmati indahnya pasir putih, laut yang biru dengan background rangkaian Gunung Limo. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga cocok untuk bermain di laut, mandi, ataupun berenang. 

Disekitar pantai  Teleng Ria banyak terdapat penginapan antara lain : 

1. Harry's Ocean House, Pancer, Pacitan. Phone : +62 878 95145533

Hotel ini sering penuh terlebih di saatliburan sekolah dan hari libur. Banyak turis manca negara menginap disini sambil berselancar. Jadi sebaiknya pesan kamar terlebih dahulu. 

2. Homestay Dewi Sri. Jalan Pantai Teleng Ria, Pacitan. Phone : +62 357 882523

+62 8191306226. Di homestay ini juga menyewakan sepeda motor


3. Alloro Guest House  Alamat: Jl. K Umar No. 12 Pacitan, Telepon: +62 357 886690.

Hotelnya bersih dengan kamar mandi luar.

4. Marchelino homestay

Lokasinya dekat sekali dengan pantai, waktu itu saya menginap untuk kamar double bed Rp. 100.000/ malam  non AC tapi ada kipas angin. Tempatnya bersih.


  

Di Pantai Teleng Ria ini juga terdapat Tempat Pelelangan ikan. Bagi anda yang ingin membawa pulang ikan segar dari laut bisa membelinya disini.




Di pusat kota pacitan juga ada rumah bekas kediaman Presiden SBY dimana kita bisa datang berkunjung untuk melihat lihat. Waktu itu  karena terbatasnya waktu saya tidak sempat berkunjung kesana sehingga tidak bisa bercerita lebih banyak.








 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar